Rabu, 21 September 2016

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Tartib Al-Nash)



Tartib Al-Nash
Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB


Di susun oleh :
Muhaifin Agus Sulthony (210513041)


Dosen pengampu :
H. Moh. Munir, Lc. M. Ag


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB KELAS TA.B
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
Januari 2016

 Metodologi dan Strategi pembelajaran bahasa Arab

(18 halaman 79)

Tartib Al-Nash
Ini adalah strategi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca dan memahami mahasiswa atas teks bacaan. Strategi ini tidak ditujukan bagi mahasiswa pemula, yang baru mengenal bahasa Arab tapi untuk mahasiswa tingkat lanjutan yang telah mengenal struktur dan uslub kalimat-kalimat bahasa Arab.
Adapun langkah-langkahnya :
1.      Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok diberi satu teks lengkap yang sudah dipotong – potong dan diacak
2.      Setiap kelompok diminta untuk menyusun potongan-potongan teks wacana tersebut sehingga menjadi wacana yang alur ceritanya berurutan.
3.      Setelah urutanya berurutan dengan baik dan benar maka mereka dimintai untuk menuliskanya dalam buku catatanya masing-masing.

Contoh Aplikasi dalam KBM (Kegiatan belajar mengajar):

ü  Langkah pertama adalah memberikan prolog atau semacam apersepsi kepada seluruh audien. Dengan menggunakan bahasa Arab, dimana hal ini sangat penting, karena untuk mengantar ketrampilan mendengar dan ketrampilan kalam. Bagaimana kemudian mahasiswa juga akan mulai mengetahui uslub-uslubnya dan mufrodat-mufrodat baru yang didapatkan ketika disampaikan dalam bahasa Arab. Begitu juga prolog yang disampaikan pra KBM juga tidak lepas tentang bahan ajar yang akan disampaikan kepada para mahasiswa.

ü  Langkah kedua, mualim akan mencoba membagi kelompok dengan mengintruksikan kepada tiap mahasiswa agar berhitung mulai dari : wahid, isnani, tsalaasah, arbaa`ah, khomsah kepada setiap personal mahasiswa. Ketika mereka sudah berhitung satu per satu maka mualim mempersilahkan agar mereka berkumpul dengan nimroh yang tadi sudah diucapkan. Ketika mereka sudah mulai menyesuaikan dengan kelompoknya masing-masing mualim harus mengkondisikan suasan kelas, karena otomatis mereka mulai agak gaduh dalam kelas dan beradaptasi dengan kelompoknya masing-masing. Hal ini bisa diatasi sambil memberikan ice breaker atau semacam outbond kecil kelas yang bisa memberikan keefektifan didalamnya. Supaya sebelum bahan ajar atau tugas disampaikan mahasiswa sudah siap secara komprehensif.

ü  Langkah ketiga mualim mulai menjelaskan aturan main pembelajaran dalam pertemuan kali ini. Dimana mualim akan menjelaskan bahwa nanti mereka akan diberikan satu persatu sebuah kertas dimasing-masing kelompok. yang mana setiap kertas itu sudah ada tulisan arab dalam satu tema, yang telah terpotong- potong per baris yang nantinya mereka harus menyusunya secara berurutan agar menjadi satu alur cerita naskah yang bagus dan benar.

ü  Langkah keempat ketika mereka sudah faham akan tujuan strategi terebut maka mualim mulai memberikan kertas satu persatu pada setiap masing masing kelompok.



Kelompok pertama akan diberikan materi tentang keluarga .
أسرتي
رَفِيْقُ تِلْمِيذٌ بِالمَدْرَسَةِ الثّانَوِيّة, طَلَبَ الأُسْتاذُ مِنْ رفيقٍ اَنْ يَتَحَدَّثَ عَنْ اُسْرَتِهِ فَقَالَ : " أُسْرَتِى صَغِيْرَةٌ لَكِنَّهَا سَعِيدَةٌ, اِسْمُ أَبِى رَشِيْد أَمْرُالله وَهُوَ المُدَرِّسُ بِالمَدْرَسَةِ العَالِيَّة العُمُوْمِيّة سولو, وَاسْمُ أُمِّى اُمُّ سَلَامَة هِي تَعْمَلُ فِى البَيْتِ. عِنْدِى اَخٌ كَبِيْرٌ اسْمُهُ حَسَنْ, وَاخْتُ صَغِيْرٌ اسْمُهَا اَوْلِيَاءْ.
اَخِي طَالِبٌ فِى الْجَامِعَةِ الحُكُومِيّة يوكيا كرتا, وَ اُخْتِى تِلْمِيذَةٌ فِى المَدْرَسَةِ الإبْتِدَئِيّة. كُلَّ يَوْمٍ نَحْنُ نُسَاعِدُ الأُمِّ وأَبِّ. اَنَا أَنَظِيْفُ البَيْتِ وَاُخْتِى تُسَاعِدُ بِإِ عْدَادِ الطَّعَامِ.

Dimana naskah narasi diatas sudah dipecah-pecah menjadi sejumlah anggota yang sudah dibagi sebelumnya disetiap kelompok. Dan tugas para anggota adalah menyusun setiap kertas yang sudah dipisah pisah yang nantinya akan menjadi satu paragraph dalam sebuah bacaan yang enak dibaca. Setalah terbentuk maka setiap kelompok wajib menuliskanya bagi para notulen kelompok dan tugas ketua kelompok adalah  mempresentasikannya didepan kelas dan kelompok lain menanggapi bila ada yang perlu disampaikan.




Kemudian kelompok kedua di beri tema tentang
بَيْتِى جَنَّتِي
بَيْتِي بَسِيْطٌ وَلَكِنّهُ صَحِي. التَهْوِيَّةٌ فِيْهِ جَدِيْدَةٌ. وَأَشْعَةُ الشَّمْسُ فِيْهِ كَافِيْةِ. يَتَكُوْنَ بَيْتِي مِنْ غُرْفَةِ الاِسْتِقْبَالِ, وَوَغُرْفَةِ الجُلُوْسَ, وَغُرْفَةِ الطَعَامِ, وَثَلَاثَةٌ غُرْفَ للِنَوْمِ, وَالمَطْبَخُ, وَالحَمَامِيْنَ. أَمَامَ البَيْتِ فِنَاءٌ وَجَانِبُهُ جَرَاجُوْرَاءَهُ بُسْتَانِ.
فِي الفِنَاءٌ كُرْسِيَانِ وَزَهْرِيَاتِ. فِي غُرْفَةٌ الاِسْتِقْبَالِ سَتَةً كَرَاسِيَ وَمَكْتَبٌ. فِي غُرْفَةٌ الجُلُوْسَ أَرِيْكَةٌ وَتِلْفَازٌ, وَفِي غُرْفَةِ الطَّعَامِ أَرْبَعَةٌ كُرَاسِيَ وَمَائِدَةٌ. وَفِي غُرْفَةِ النَّوْمِ سَرِيْرٌ وَحِزَانَةٌ. وَفِي الحَّمَامَ حَوْضِ مَاءٍ وَمِغْرَفَةٌ وَمَرْحَاضٌ. وَفِي الجَرَاجٍ سَيَّارَةٌ وَالجَوَّالَةٌ. وَفِي المَطْبَخُ أَدَوَاتُ مَطْبَخِيَّةٌ.

Kemudian kelompok ketiga pun juga diberi maudhu tentang percakapan yang mana tugas mereka nanti juga sama yaitu agar menyusun pecahan-pecahan kertas yang sudah disiapkan oleh mualim, agar tersusun percakapan yang berurutan.

عمار:          يَا صَدِيْقِيْ,, أَيْنَ بَيْتُكُمْ ؟
عسمان:       يَقَعُ بَيْتِي فِي شَارِيْعِ سُوْ دِرْمَانُرَقْمٌ 95.
عمار :         مَاذَا لَوْنُ بَيْتُكُمْ ؟
عسمان:       لَوْنُ جِدَارُهُ أَسْمَرٌ وَلَوْنُ سُوْرَهُ أَسَواَدُ.
                ثُمَّ أَيْنَ بَيْتُكُمْ يَا عُمَرَ ؟
عمار:          يَقَعُ بَيْتِي فِي شَارِيْعَ اَحْمَدْيَانِي رَقْمٌ 45.
عسمان:       يَا عُمَارُ مَعَ مَنْ اَنْتُمْ فِي بَيْتَ ؟
عمار:          أَسْكُنُ فِي بَيْتِ مَعَ أُسْرَتِي ؟
عسمان:       حَتىَّ هُنَا يَا صَدِيْقِي سَ أَخْرُجْ الاَوَّلً, مَعَ سَلًامَ
عمار:         نَعَمْ اِلَى لِقَاعُ .

Kelompok ke empat diberi judul tentang :
المراهقة
بَلَغَ الطُّلَاب وَالطَّالِبَات اْلان مَرْحَلَةَ الْمُرَاهَقَةَ, وَهِيَ مَرْحَلَة بَعْدَ مَرْحَلَةِ الطُّفُوْلَة. وَهِيَ مَرْحَلَة هَامّة فيِ بِنَاءِ جِسْمِهِمْ وَعَقْلِهِمْ وَفِي تَحْقِيْقِ آمَالِهِمْ فِى الْحَيَاةِ. يَنْمُوْ جِسْمِهِمْ وَعَقْلِهِمْ فِي هَذِهِ اْلمَرْحَلَة نُمُوًّا سَرِيْعًا, أَيُّهَاالْمُرَاهِقُوْنَ !
يَجِب عَلَيْكُمْ أَنْ تُنِظَمُوْا حَيَاتَكُمْ, وَتُقَسِّمُوْا أَوْقَاتَكُمْ بَيْنَ الرَّحَة وَالْعَمَل, وَبَيْنَ الدِّرَاسَةِ وَالرِّيَاضَة وَلاَ تَقْضُوْا أَوْقَاتَكُمْ بِطُوْلِ السَّهَر وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنَ اْلأَعْمَالِ غَيْرِ النَّافِعَةِ لِمُسْتَقْبَلِ حَيَاتِكُم







Dan kelompok terkakhir kelompok lima juga akan diberi tema tentang
مَرْحَلَةُ اْلمُرَاهَقَة
أَلْقَى الشَّيْخ عَبْدُ الله مُحَاضَرَةً دِيْنِيَّةً أَمَامَ الطُّلَاب وَ الطَّالَبَات تَحْتَ مَوْضُوْع ( مَرْحَلَةُ الْمُرَاهَقَة ) وَمِنْ كَلَامِ الشَّيْخ : بَلَغْتُمْ اْلآن مَرْحَلَةَ الْمُرَاهَقَة, وَهِيَ مَرْحَلَةِ الطُّفُوْلَة. وَهِيَ مَرْحَلَة هَامّة فِى حَيَاتِكُمْ وَفِى بِنَاءِ جِسْمِكُمْ وَعَقْلُكُمْ وَفِي تَحْقِيْقِ آمَالِكُمْ فِى الْحَيَاة.
يَنْمُو جِسْمُكُمْ فِى هَذِهِ الْمَرْحَلَة نُمُوًّا سَرِيْعًا, فَيَجِب عَلَيْكُمْ أَن تَأْكُلُوا الطَّعَامَ اْلجَيِّد وَتُمَارِسُوا الرِّيَاضَة وَيَنْمُو كَذلك عَقْلُكُمْ فى هذه المرحلة نموًّا سريعًا,يَجب عليكم أن تُنَظِّمُوا حَيَاتَكُمْ, وتُقَسِّمُوا أَوْقَاتَكُمْ بين الرَّاحَة واْلعَمَل, وَبَيْنَ الدِّرَاسَة والرّيِاَضَة ولا تَقْضُوا أَوقَاتَكُم بِطُوْلِ السَّهَر وغَيْرِ ذلك من الأعمَال غير النَّافِعَة لِمُسْتَقْبل حَيَاتكم.



Demikian tadi serangkaian pelaksanaan dalam metode Tartib Al-Nash dimana mahasiswa agar aktif dalam pembelajaran dan tidak monoton. Metode ini sangat menekankan pada ketrampilan membaca, menulis, dan menganalisis. Adapun alat-alat yang harus disiapkan dalam metode ini adalah sederhana saja diantaranya :
1.      Kertas A4 print out materi tiap kelompok
2.      Gunting / catter
3.      Solasi / lem
4.      Potongan-potongan kertas kecil
5.      Spidol




Nama               : Muhaifin Agus Sulthoni
Nim                 : 210513041
Kelas               : TA.B
Semt                : 5
Prodi               : Pendidikan Bahasa Arab
Tugas               : Ujian Akhir Semester Gasal
Makul              : Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab.


1 komentar: