RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan
KMA No. 165 Tahun 2014 dan Permendikbud No. 103 dan No. 104 Tahun 2014
NAMA MADRASAH :
MTsN KAUMAN PONOROGO
MAPEL :
BAHASA ARAB
KELAS/ SEMESTER : IX E / GANJIL
ALOKASI/ WAKTU : 6 X 40 MENIT
A.
KOMPETENSI INTI
KI.1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI.2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplihun, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI.3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI.4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan :
رأس السنة
الهجرية ؛ الحفل بمولد
الرسول ؛ نزول القرآن
والعيدان
.
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسولؿ؛ نزولؿ القرآن والعيدان
dengan memerhatikan struktur teks dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1 Membiasakan mengucapkan basmalah
1.1.2 Membiasakan mengucapkan hamdalah, j
1.1.3 Membiaasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar.
1.2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi
dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
1.2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
1.2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
1.3.1mampu menyebutkan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan Baik
secara lisan maupun tulisan
1.3.2 mampu memahami kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan topik
1.4.1
mampu melakukan dialog dengan teman sesuai
dengan topik
1.4.2
mampu
membuat ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon tentang
topik
1.4.3 mampu
berbagai informasi lisan sederhana tentang topik
1.4.4 mampuMengungkapkan informasi
secara tertulis tentang topik
4.4.5 mampu Menyusun teks sederhana
tentang topik
D. MATERI PEMBELAJARAN
رأس السنة الذجرية؛ الحفل ػم بولد الرسوؿ؛ نزوؿ القرآف والعيداف
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Kegiatan pendahuluan (15 menit)
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode/strategi
|
Sumber belajar
|
10 menit
|
·
Guru
mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
·
Guru
mengabsensi peserta didik sambil menanyakan kabar
·
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta dudik
melalui senam otak/nyanyi
·
Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi dan
kompetensi yg akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah yang akan dilaksanakan
selama proses pembelajaran
|
|
Absensi,
|
2. Kegiatan inti (50 menit)
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran berbasis Scientific Permendikbud 81.A Tahun 2013
lampiran 4
|
Metode Strategi
|
Sumber belajar
|
50 menit
|
Kegiatan 1 : Mengamati
§ Menyimak dan menirukan ujaran dengan tepat
berkaitan dengan tema رأس السنةالهجرية؛الحفل
بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§ Membaca teks yang berkaitan
dengan temaرأس السنةالهجرية؛الحفل
بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§ Melihat gambar
yang sesuai dengan tema
رأس السنة الهجرية؛الحفل
بمولدالرسولؿ؛نزوؿل
القرآنوالعيدان
§ Menonton video yang berkaitan dengan tema السنةالهجرية؛الحفل
بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان رأس
Kegiatan 2 :
Menanya
§ Mengadakan tanya jawab tentang mufrodat yang
belum jelas yang telah disampaikan guru yang berkaitan dengan tema رأس السنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل
القرآنوالعيدان
§ Mengadakan diskusi mengenai isi bacaan yang
berkaitan dengan tema رأسالسنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل
القرآنوالعيدان
Mengadakan diskusi kelompok tentang gambar
yang berkaitan dengan رأسالسنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل
القرآنوالعيدان
Kegiatan 3 : Eksperimen/Explorasi
§ Mendiskusikan isi kandungan teks qira’ah.yang berkaitan dengan temaرأسالسنةالهجرية؛الحفل
بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§ Menganalisis unsur kebahasaan teks qira’ah.
Kegiatan 4 : Asosiasi
§ Membuat kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah.
Kegiatan 5:
Komunikasi
§ Mempresentasikan isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok
§ Menyampaikan hasil diskusi tentang teks qira’ah
|
Ceramah bervariasi, Penugasan, Unjukkerja (Ekspositori )
|
·
Papantulis
·
Bukupaket
·
Kamus
·
Laptop
·
LCD
·
Alat
peraga/sarana
yang
mendukung
sepertigambar dll.
|
3. Kegiatan penutup (15 menit)
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode/strategi
|
Sumber belajar
|
|
o
Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
o
Guru mengajak
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
o
Guru
mengadakan tes secara langsung dengan soal yang sudah disiapkan
o
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
o
Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap Ki 1 dan Ki 2
o
Guru mengajak
berdoa dengan Doa Akhir Majlis (Kafarotul Majlis) dilanjutkan dengan salam
dan berjabat tangan dengan seluruh siswa
|
Ceramah
|
|
f.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Teknik
Penilaian
1.
Teknik penilaian ke.1 Observasi
Guru
mengamati sikap siswa dalam mengamalkan (mengucapkan basmalah, hamdalah, dan
berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Teknik penilaian ke. 2 penilaian
diri
Guru
mengidentifikasi hasil penilaian diri siswa tentang perilaku social (jujur,
dermawan, dan disiplin)
3.
Teknik penilaian ke. 3 Tes Tulis,
uraian ganda dan uraian singkat
Tes
kemampuan kognitif dengan bentuk tes tulis yang berbentuk terdiri dari
soal-soal pilihanganda dan uraian singkat
4.
Penialaian ke.4 Praktek (unjuk
kerja)
Siswa
mampu berdialog dengan menggunakan bahasa Arab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar