Rabu, 21 September 2016

RPP MTSN KAUMAN PONOROGO

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan KMA No. 165 Tahun 2014 dan Permendikbud No. 103 dan No. 104 Tahun 2014

NAMA MADRASAH    : MTsN KAUMAN PONOROGO
MAPEL                           : BAHASA ARAB
KELAS/ SEMESTER     : IX E / GANJIL
ALOKASI/ WAKTU      : 6 X 40 MENIT
A.    KOMPETENSI INTI
KI.1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplihun, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3
:
Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,  dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain  yang semua dalam sudut pandang/teori.




B.     KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa  Arab yang berkaitan dengan :
 رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
.
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسولؿ؛ نزولؿ القرآن والعيدان
dengan memerhatikan struktur teks dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.     INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1    Membiasakan mengucapkan basmalah
1.1.2    Membiasakan mengucapkan hamdalah,  j
1.1.3 Membiaasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar.
1.2.1   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
1.2.2   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
1.2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
1.3.1mampu menyebutkan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan Baik secara  lisan maupun tulisan
1.3.2   mampu memahami kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan topik
1.4.1        mampu melakukan dialog dengan teman sesuai dengan topik
1.4.2         mampu membuat ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon tentang topik
1.4.3  mampu berbagai informasi lisan sederhana tentang topik
1.4.4  mampuMengungkapkan informasi secara tertulis tentang topik
4.4.5  mampu Menyusun teks sederhana tentang topik

D.    MATERI PEMBELAJARAN
رأس السنة الذجرية؛ الحفل ػم بولد الرسوؿ؛ نزوؿ القرآف والعيداف








E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.      Kegiatan pendahuluan (15 menit)
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Sumber belajar
10 menit
·           Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
·           Guru mengabsensi peserta didik sambil menanyakan kabar
·           Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
·           Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta dudik melalui senam otak/nyanyi
·           Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi dan kompetensi yg akan dicapai
·           Guru menjelaskan langkah yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran

Absensi,

2.      Kegiatan inti (50 menit)
Waktu
Kegiatan pembelajaran berbasis Scientific Permendikbud 81.A Tahun 2013 lampiran 4
Metode Strategi
Sumber belajar
50 menit
Kegiatan 1 : Mengamati
§  Menyimak dan menirukan ujaran dengan tepat berkaitan dengan tema  رأس السنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§  Membaca teks yang berkaitan dengan temaرأس السنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§  Melihat gambar yang sesuai dengan tema
 رأس السنة   الهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان

§  Menonton video yang berkaitan dengan tema السنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان رأس
Kegiatan 2 :  Menanya
§  Mengadakan tanya jawab tentang mufrodat yang belum jelas yang telah disampaikan guru yang berkaitan dengan tema  رأس السنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§  Mengadakan diskusi mengenai isi bacaan yang berkaitan dengan tema رأسالسنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
Mengadakan diskusi kelompok tentang gambar yang berkaitan dengan رأسالسنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان

Kegiatan 3 : Eksperimen/Explorasi
§  Mendiskusikan isi kandungan teks qira’ah.yang berkaitan dengan temaرأسالسنةالهجرية؛الحفل بمولدالرسولؿ؛نزوؿل القرآنوالعيدان
§  Menganalisis unsur kebahasaan teks qira’ah.

Kegiatan 4 : Asosiasi
§  Membuat kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah.

Kegiatan 5:  Komunikasi
§  Mempresentasikan isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok
§  Menyampaikan hasil diskusi tentang teks qira’ah

Ceramah bervariasi, Penugasan, Unjukkerja (Ekspositori )


·         Papantulis
·         Bukupaket
·         Kamus
·         Laptop
·         LCD
·         Alat
peraga/sarana
yang mendukung
sepertigambar dll.

3.      Kegiatan penutup (15 menit)
Waktu
Kegiatan pembelajaran
Metode/strategi
Sumber belajar

o  Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
o  Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
o  Guru mengadakan tes secara langsung dengan soal yang sudah disiapkan
o  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
o  Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap Ki 1 dan Ki 2
o  Guru mengajak berdoa dengan Doa Akhir Majlis (Kafarotul Majlis) dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan dengan seluruh siswa

Ceramah



f. PENILAIAN PEMBELAJARAN

Teknik Penilaian
1.      Teknik penilaian ke.1 Observasi
Guru mengamati sikap siswa dalam mengamalkan (mengucapkan basmalah, hamdalah, dan berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.      Teknik penilaian ke. 2 penilaian diri 
Guru mengidentifikasi hasil penilaian diri siswa tentang perilaku social (jujur, dermawan, dan disiplin)
3.      Teknik penilaian ke. 3 Tes Tulis, uraian ganda dan uraian singkat
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes tulis yang berbentuk terdiri dari soal-soal pilihanganda dan uraian singkat
4.      Penialaian ke.4 Praktek (unjuk kerja)
Siswa mampu berdialog dengan menggunakan bahasa Arab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar