Selasa, 27 September 2016

PBA KHULASOH SEMESTER 2 IAIN PONOROGO (KUMPULAN MAKALAH PBA)



HASIL FORUM GROUP DISCUTION UNTUK KHOLASHOH SEMESTER 2

 KAMIS 17 APRIL 2014 (Cokromenggalan)
Kholasoh ini sengaja disusun untuk memenuhi salah satu program kerja kelas TA.B dengan merangkum semua mata kuliah pertengahan semester 2, demi terwujudnya persahabatan, kekompakan dan ukhuwah islamiyah fi ta`liimillughoh



M.Rizal, Chilya, Luthfi M, Lailatul, Rhofiqi, Fiky, Ela, Chasan, Ni`mah, Ana, Choirul, Nur H, Aliya, Achi, Hanim, Irma, Yusuf, Richanatul, Maisyaroh, Ikmal, Novia, Fauziah, S.Thony


Tarbiyah
Program Study Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo
Perputakaan Mahasiswa  : katalog dalam terbitan pertama semester genap

PBA 2014
MODUL RANGKUMAN MATERI PERTENGAHAN SEMESTER 2

ISBN :             979-3008-13-X

Hak Cipta dilindungi

Undang – undang pada  : Penulis
Cetakan pertama             : April 2014
Cover Desind                    : Audio Grafika Al`ashaab
Email                                  : PBA.2013@ymail.co.id
Website                             : http;//arekpbapo.com


Rangkuman ini disusun diterbitkan atas kerjasama kajian PBA kelas “TA.B” Al`ashaab Perdana dengan KOSMA STAIN mewakili proker HMPS  Ta`lim bulanan.

Institute kajian Program Study Bahasa Arab “TA.B”
Jl. Pramuka No. 156 Ronowijayan Siman Ponorogo
Telp (085)785611848, Fax. : 4303032

Dilarang memperbanyak dengan cara apapun termasuk mencetak, mengcopy, dan sebagainya, menyalin, menyitir baik seluruhnya  atau sebagian tanpa izin terlulis dari penerbit/penulis, kecuali dalam hal pengutipan untuk keperluan UTS maupun referensi dalam belajar PraUjian
Internet Shortcut
Asrama Bahasa Arab
 
Text Box: STAIN
PONOROGO
 
الجامعة الإسلامية الحكومية فونوروغو
بقسم اللغة العربية
في الشارع فراموكا زقاق الرابع رونوويجايان سيمان فونوروغو
 

بسم الله الرحمن الرحيم
MUQODDIMAH
       Segala puji bagi Allah SWT kita memuji –Nya meminta tolong kepada-Nya, memohon ampun kepada-Nya, dan kita berlindung kepada Allah dari kejahatan jiwa-jiwa kita , dan amal-amal kita. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk maka tidak ada siapapun yang menyesatkanya, dan barangsiapa yang yang disesatkan maka tidak ada siapapun yang menunjukanya. Aku bersaksi tidak ada Illah yang berhak diibadahi kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.
       Adapun sesudah itu, marilah senantiasa kita berikan salam kehormatan slam kesejahteraan kepada panglima  kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan umat yang mengikutinya hingga hari kiamat kelak .Dimana nabi kita SAW tidak pernah menyembunyikan satu patah kata pun dalam syariat Islam yang mulia ini, semua telah disampaikan,disebarkan disegala penjuru dunia oleh baginda Rosul kepada umatnya yaitu ajaran Islam yang utuh dan sempurna ini.
       ‘’MAHA’’ –siswa akan bermakna, jika ‘’MAHA’’ ini benar-benar ada. Bukan kebanggaan menjadi seorang mahasiswa ketika hanya diam tanpa membawa sebuah perubahan. Untuk mewujudkan perubahan mahasiswa harus melakukan pergerakan. Mahasiswa tidak cukup hanya dengan membaca tanpa analisa, Mahasiswa tidak cukup hanya dengan bicara tanpa aktualisasi. Dan semua itu berawal dari diri kita, perjuangan, pengorbanan, keuletan dalam berproses di dalam miniatur kampus adalah mudal utama. Al harokatu Huwal Barokah
       Setelah mengalami beberapa hal kejadian unik (kecelakaan) di sekitar kampus mengenai program study maupun jurusan, ada kalanya kita berfikir sejenak untuk apa kita mengambil suatu satu jurusan yang akan menjadikan kita nanti seseorang individu yang ditentukan pribadi kita masing-masing sebelumnya. Dari hal inilah pentingnya setiap individu berusaha menjauhkan diri dari sifat egosentris karena pada dasarnya manusia di ciptakan untuk bersosial (humanistic Approach).
       Lewat program kerja kelas yang didukung semua anggota kelas TA.B akhirnya terealisasikan juga semangat teman-teman dalam membangun kebersamaan dalam pembelajaran di luar kelas, meski hanya berkumpul disuatu tempat yang barokah untuk membahas bersama pembelajaran selama pertengahan semester ini. Pun pula meski banyak kendala,molornya jam dan juga sebagian teman dari ikhwan yang tidak ikut serta dalam kegiatan ini, tidak menyurutkan semangat teman-teman PBA yang lain untuk melangsungkan kegiatan perdana kelas ini.

1.      STUDY FIQH
èFIQIHç
Kisi-kisi
·         Jangan lupa belajar dengan rajin
·         Berdo’a juga jangan ditinggalkan
·         Tawakkal kepada Allah
·         Materi UTS meliputi
Ø  Seputar Hakekat Fiqh
Ø  Hakekat Ibadah
Ø  Wudlu Tayammum
·         Haram Mencontek
Jumlah soal 6 Nomer (Ada yang beranak…). Tapi pilih dan kerjakan 4 nomor saja.
----Good Luck---
(Imam al-Ghazali) mengatakan bahwasanya Hakikat ibadah adalah mengikuti Nabi Muhammad saw pada setiap perintah dan larangannya. Bentuknya seperti ibadah tapi diperbuat tanpa perintah.
Tujuan ibadah
Menghadapkan kepada Allah saja dalam mengesakannya sebagai tumpuan harapan segala hal
Fungsi Ibadah
Menghidupkan kesadaran tauhid serta memantapkan di dalam hati, menghapus kepercayaan dan ketergantungan pada selain-Nya.
Hakikat Fiqh:
Pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai perintah-perintah dan realitas islam dan tidak memiliki relevansi khusus dengan bagian ilmu tertentu.

2.       BAHASA ARAB QIRO`AH
بَائِعَةٌ اللَّبَنِ
كاَنَ عُمَرُ ابْنُ الخَطَّابِ يَسِيْرُ فِى الَمِديْنَةِ وَ مَعَهُ خَادِمُهُ، وَ اللَّيْلُ مُظْلِيْمٌ وَ الطَّرِيْقُ خَالِيَةٌ مِنَ النَّا سِ، فَسَمِعَ صَوْتُ اِمْرَأَةٍ تَقُوْلُ لِاِبْنَتِهِ: قُوْمِى يَا بِنْتِى وَ ضَعِى مَاءًا   فِى اللَبَنِ وَاسْتَعِدِّى لِبَيَعِهِ فِى الصَبِاحِ . فَأَجَابَتْ البِنْتُ : اِنَّ الخَلِيْفَةَ مَنَعَنَا  مِنْ غَشِّ اللَبَنِ بِا المَاءِ. قَا لَتْ الاُمُّ: "الخَلِيْفَةُ غَا ئِبُ فَهَلْ يَرَانَا؟ اَوْ هَلْ يَرَانَا اَحَدُ؟ قَالَتِ البِنْتُ: لَا يَرَانَا اَحَدُ مِنَ النَّاسِ يَا اُمَّاهُ وَ لَكِنَّ اللهَ يَرَانَا "
اَعْجَبَتْ اَمِيْرُ المُعْمِنِيْنَ بِكَلاَ مِ الفَتَا ةِ وَ بِحُسْنِ اَ خْلَا ِقهَا، ثُمَّ قَالَ لِخَادِمِهِ: الفَتَاةُ طَيِّبَةٌ وَسَوْفَ اُزَوِّجُهَا لِوَلَدِى عَا صِمْ.
طا عة الله و رسوله
بعث الله محمّدا ص.م.  رسولا يدعو النّاس الى توحيد الله وعبا دته، وقد نزل القران الكريم على محمّد يهدى النّاس الى الخير. فنحن نقرأ القران الكريم و نتعلّم منه الصّلاة و الصّوم و الحجّ و الا خلاق الحسنة. فاطع ربّك واعمل بما امرك به وابتعد عمّا نهاك عنه، فانّ الّذى يؤمن بكتاب الله و يؤمن برسوله ويعمل صالحا فسوف يدخله الله الجنّة و يجزيه خير الجزاء.
انتشر الاسلام
حين امر الله رسوله محمّدا ص.م.  ان يجهر با الدعوة الى الله، دعاالنّاس الى دين الله وساعده فى ذلك اصحابه، فانتشر الاسلام فى جزيرة العرب،و دخل النّاس فى دين افواجا.
ولمّا توفّى رسول ص.م.  قام الخلفاء الراشدون و من بعدهم من الخلفاء و سعوا فى نشر الاسلام خارج الجزيرة العربيّة، فوصلو به شرقا الى بلاد الصّين، و غربا الى بلاد الاندلس و المحيط الاطلسى وجنوبا الى جنوب افريقيا و شمالا الى روسيا.
ولقدانتشر الاسلام سريعا، لبساطته وعدله ومسا واته وكونه دين الحقّ، كما انّ حبّ المسلمين لعقيدتهم ومعاملتهم الطيّبة لاهل البلاد المفتوحة  كانت من اسباب انتشاره، ودخول النّاس فيه.
الامام الشافعى
اشتهر فى العالم الاسلاميّ ائمّة كثيرون منهم: الامام مالك،والامام ابوحنيفة، و الامام الشافعى، و الامام احمدبن هنبل. كان كل واحد من هؤلاء علما من اعلام الشريعة والفقه و الحديث و التفسير.
فاالامام الشافعى هو محمّد بن ادريس بن العبّاس بن شافع. كانت عشيرته تعيش فى مكة مكرمة، ولكنّ والديه هاجر الى فلسطين، وفى غزّة ولد الامام الشافعى، وبعدولد بقليل توفّى والده، و لمّا بلغ عمره سنتين عادت به امّه الى مكة لينشأ بين قومه وعشيرته.
ولمّاقوى وترعرع سافر الى عالم دار الهجرة الامام مالك، فلازمه حتّى درس عليه كتاب ثمّ ذهب الى البغداد، وهناك اخذ مذهب الامام ابو حنيفة عن تلميذه محمّد بن الحسن فوازن بين المذهبين، وخرج بمذهب جديدعلى النّاس، ثمّ ذهب الى مصر ونشر بها مذهبه الجديد، ومكث فى مصر حتّى توفّى عام 204 هـ، فى الرابعة و الخمسين من عمره.
عرف الامام الشافعى باالذكاء والفصاحة والقدرة على الخطابه و الشعر، وقد سمّاه بعضهم خطيب العلماء، وكان الامام الشافعى يدعو النّاس الى العلم و المعرفة.
الحمامىة والثعلب ومالك الحزين
يحكى انّ حمامة كانت تسكن فوق شجرة، وكلما وضعة بيضاو خرج منه فراخها اتى اليها ثعلب يهدّدها فترمى اليه بفراخها. وذات يوم كانت حمامة تنظر الى فراخها صباحا وهي حزينة. فجاء اليها طائر يسمّى{مالك الحزين} ونصحها ان لا ترمى بفراخها الى الثعلب و ان تطلب منه الصعوداليها، فانه لن يستطيع. فهدأت الحمامة وشكرته على نصيحته.
حين اقبل الثعلب وقف تحت الشجرة و هدّد الحمامة، فاجابته ممّا علمها مالك الحزين؟ ولمّا عالم الثعلب بذلك فكّر لحظة ثمّ اسرع يبحث عن مالك الحزين حتّى وجده عصرا يقف امام شاطئ النّهر. فقال له يا مالك الحزين، اذا هبّت الريح يمينا فاين تجعل رأسك؟ قال: اجعله عن شمالى.
قال الثعلب: و اذا اتتك الريح شمالا، فأين تجعل رأسك؟ قال : اجعله عن يمينى او خلفى. قال الثعلب: و اذا اتتك الريح من كل مكان فأين تجعل رأسك؟ قال فأجعله بيت جناحيّ هكذا، وأدخل الطّائر رأسه تحت جناحيه، فهجم عليه الثعلب و أمسك به و قال له: يا عدوّ نفسه, تنصح الحمامة ولا تعلمها الحيلة لنفسك.


3.      ULUMUL HADITS
èSTUDI HADITSç
  1. Mengharokati Hadits
  2. Menyebutkan isi kandungan hadits
a.       Iman, Islam, dan Ihsan
b.      Realisasi iman dalam kehidupan
Ø  Iman kepada Allah dan rosul-Nya tanpa ragu
Ø  Cinta saudaranya seperti cnta diri sendiri
Ø  Berkata baik, memuliakan tetangga dan tamu
Ø  Memiliki rasa malu
c.       Ikhlas beramal
d.      Dosa-dosa besar
Etos kerja.

4 . MUFRODZAT
1-               ما الفرق التعريف بين المفردات والمترادفات لغة واصطلاحا؟
أ‌-          المفرات لغة جمن مفردة بمعنى الكلمة أواللفظ أو الشخص أو الواحد أو الفرد0
المفردات اصطلاحا اللفظة أو الكلمة التى تتكون من حرفين فأكثر وتدلّ على معنى, سواء أكانت فعلا أو اِسما أو اداة0
ب‌-        المترادفات لغة جمن المترادفة بمعنى المتشابهة0
المترادفات اصطلاحا ما اختلف لفظة واتفق معناه أو اطلاق عدةُ كلمات على مدلول واحد0ٍ

2-               كم أنواع معانى المفردات فى اللغة العربية؟ اشرح وءاتى مثالا فى جملة مفيدة!
ثلا ث انواع :
أ‌-          المعنى النحو : العلا قة بين المفردة ومكونات الجملة الأخرى  التي تسبقها والتي تلحق بها من وجهة علم النحو والتركيب
المثال: قراء التلميذ القران
ب‌-        المعنى المعجمى: معنى المفرذات مجرّدة معزولة من السياق أو كما تردّ فى القاموس
مثال: هذا فصل جميل
ج- المعنى السياقى: المعنى الذى ينتج عن العلاقة بين المفرذة أوالموقف الذى تردّ فيه بما له فى ذالك من تحديد زمانى ومكانى واجتماعى وثقافى لاتخرج عن إطاره0
المثال: أنا أتعلّم درس الفقه
       الحياة مليئة فى الدروس

3-               ما التاريح من المفرذات والمتراذفات ؟
المفردات : مفهوم عن المفردات
a)         فرد – يفرد – فرودا – كان فردا
b)         الفرد – الشخص
c)         المفرد (المفردة) : الواحد ضد الجمع
d)         المفردات جمن مفردة : الكلمات جمن كلمة – المفردات اللغة
المترادفات
a)         ردف – يردف – ردفا
ردف (ه) وردف له : تبعه
b)         ترادف - يترادف - مترادفا : المتشابه في المعنى
  
4-         ما عناصر اللغة ؟
الاصوات, المفردات, التراكيب, المعنى

5 . ULUMUL QUR`AN
Sejarah dan perkembangan Tafsir Al`quran
A.    Pengartian Tafsir
Tafsir, pada hakikatnya adalah: mensyarahkan lafadz yang sukar difahamkan oleh pendengar dengan uraian yang menjelaskan maksud, yang demikian itu ada kalanya dengan menyebut muradifnya, atau yang mendekatinya, atau ia mempunyai petunjuk kepadanya melalui sesuatu jalan dalalah (petunjuk).
B.    Sejarah dan Perkembangan Tafsir
Tafsir di masa nabi..Al qur’an di turunkan  dalam bahasa arab, menurut ushlub2nya. Selurh lafat al     qur’an adalah bahasa arab kecuali beberapa kata yang berasal dari bahasa lain yng telah menjadi bahasa arab, serta di pakipun menurut ushlub bahasa arab sendiri.
Tafsir Pada Masa Shabat. Azd-Dzabi menyatakan “ sudah merupakan tabi’at bahwasanya Nabi Muhammad SAW memahami Al-Qur’an sangat bergantung pada apa yang didapatkan dari Rasulullah SAW.
Tafsir Pada Masa Tabi’in.Tabi’in adlah generasi ummat islam yang bertemu dengan para sahabat. Mereka adalah ummat yang paling berbahagia, karena meskipun tidak melihat Rasulullah SAW, Mereka dapat menyaksikan para sahabat yang pernah melihat dan bergaul dengan Rasulullah SAW.
* Metode Penafsiran Ijmali dan Tahlili
Pengertian tafsir tahlili dan ijmali
Pengertian tafsir tahlili . metode tafsir tahili adlah cara menafsirkan alquran dengan mengurangi dan menganalisa ayat ayat alqyran secara beruntutuan sesuai tertib mushaf dengan membahas segala makna dan aspek yang tegandung di dalamnya.
Pengertatian tafsir ijmali
Tafsir ijmali adalah menafsirkan dengan alquran dengan singkat dan  global tanpa uarian panjangdanlebar .
Ciri- ciri metode tafsir
1.       tafsir tahlili menjelaskan segala sesuatu yang menyangkut ayat itu dari segala seginya
2.       mengungkapkan asbabul nuzul yang di tafsirkanya jika ayat tersebut memang memiliki asbab nuzul menafsirkan ayat perayat secara berurutan dalam pembahsanya selalu melihat korelasi antar kelompok untuk menemukan makna penafsiran itu.
3.       Tafsir metode ijmali ini jhampir sama dengan metode tafsir tahlili tetapi penafsiranya tidak secara terperimci. tidak tafsir tahlili hanya secara ringkas dan umum.

METODE TAFSIR MUQORRIN DAN MAUDHUI
Tafsir Maudhu’i menurut pengertian istilah para ulama adalah “ menghimpun seluruh ayat Al Qur’an yang memiliki tujuan dan tema yang sama kemudian berdasarkan sebab sebab turunya – kalau ada –. Kemudinan menguraikannya dengan menjelajah seluruh aspek yang dapat digali hasilnya diukur dengan teori-teori akurat sehingga si mifassir dapat menyajikan tema secara utuh dan sempurn Semua ayat yang berkaitan dihimpun dan dibahas secara mendalam dari berbagai aspek, seperti asbab al-nuzul, kosakata, dan sebagainya. Serta didukung oleh dalil-dalil dan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, baik dari Al Qur’an, hadist maupun pemikiran rasional.
  1. Metode Komparatif (Muqorrin ) adalah metode perbandingan antara ayat dengan ayat, ayat dengan hadist, dan pendapat para ulama
  2. Perbandingan adalah ciri utama metode Muqorrin, karena objek pembahasan adalah membandingkan antara pendapat para mufassir.
  3. Metode komparatif sangat penting bagi para study lanjut untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas, karena metode ini membandingkan pendapat-pendapat para mufassir.
  4. Metode Tematik (Maudhu’i ) adalah membahas ayat Al Qur’an sesuai dengan judul dan tema yang telah ditentukan.
Dalam metode ini para ulama tafsir tidak berbeda pendapat, dari berbagai litaratur yang ada dapat dirangkum bahwa  metode komparatif ( Muqorrin ) adalah:
  1. Membandingkan teks (nash) ayat-ayat Al Qur’an yang memiliki persamaan atau kemiripan redaksi dalam dua kasus atau lebih, dan atau memiliki redaksi yang berbeda bagi satu kasus yang sama.
  2. Membandingkan ayat Al Qur’an dengan hadist yang pada lahirnya terlihat bertentangan;
  3. Dan membandingkan pendapatt para ulama tafsir dalam menafsirkan Al Qur’an.
* Kitab-kitab dan Contoh Tafsir Tahlili
Diantara kitab-kitab tafsir yang menggunakan metode ini adalah:
· Tafsir al-Qur’an al-‘azhim karya Ibn Katsir.
· Tafsir al-Munir karya Syaikh Nawawy al-Bantany.
· Ada yang ditulis dengan sangat panjang, seperti kitab tafsir karya al-Lusi, Fakhr al-Din al-Razi, dan Ibn Jarir al-Thabari;
· Ada yang sedang, seperti kitab Tafsir Imam al-Baidhawi dan al-Naisaburi;
· dan ada pula yang ditulis dengan ringkas, tetapi jelas dan padat, seperti kitab Tafsir al-Jalalayn karya Jalal al-Din Suyuthi dan Jalal al-Din al- Mahalli dan kitab Tafsir yang ditulis Muhammad Farid Wajdi.

*Sedangkan contoh-contoh metode Tafsir tahlili anatara lain :
1.      Tafsir Al-fakhruddin al-Razy yang terdiri dari  tafsir al- Kabir (Mafatih al-Ghaib) yang terdiri dari 30 jilid  dan Tafsir al-Saghir (Asrar al-Tanzil wa Anwar al-Ta’wil).
2.      Tafsir Imam al-Zamakhsari (Al-Ksyasaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘uyun al-Aqawil fi Wujud al-Ta’wil).
Contoh ayat tasir Al-Kasyasyaf QS. 75, Al-Qiyamah : 22-23 dan QS. 6, Al-An’am : 103. Kedua ayat ini dianggapnya muhkam karena mustahil Allah itu dapat dilihat oleh penglihatan manusia.

IJMALI
ContohKitab Yang Menggunakan Metode Ijmali
Contoh kitab tafsir yang menggunakan metode ijmali, antara lain:
1) Tafsir Jalalain, karya Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin Asy-Syuyuthi
Tafsir Jalalain, termasuk tafsir bir Ra’yil mamduh. Mengunakan metode ijmali. Dfalam tafsir ini disebutkan juga asbabun nuzul, sebagian i’rab dan cara membaca lafal, dan kembalinya dhamir. Salah satu keistimewaan tafsir ini adalah tafsir ini sangat singkat dan padat.
2) Tafsir Ibnu Abbas.
3) Mushafush Shahabah Li Kalimatil Qur’an, karya Abdullah ‘Ulwan.
4) Taisiru Karimir Rahman, karya Abdurrahman As-Sa’di.
5) Al-Mushaf Al-Mufassar karya uastadz Muhammad Farid Wajdi.
6) At-Tafsirul Wadhih karya DR. Muhammad Mahmud Hijazi.
Surat AL-ahzab ayat 59
ياأْيّهاالنّبي ّقل لأزْواجك وبناتك ونساءالمؤْمنين يدْنين من جلابيبهن ّذلك أدنىأن يعْرفْن فلا يؤْذيْن وكان الله غفورا رحيما  (59)
HaiNabi,katakanlah pada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.”Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,karena itu mereka tidak di ganggu.Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS.33  al-Azhab:59)       

Sebelum turunnya ayat ini,cara berpakaian wanita merdeka atau budak,yang baik-baik atau yang kurang sopan hampir dapat dikatakan sama.Karena itu lelaki usil sering kali mengganggu wanita-wanita khususnya yang mereka ketahui atau diduga sebagai hamba sahaya.Untuk menghindarkan gangguan tersebut,serta menampakkan kehormatan wanita muslimah ayat di atas turun menyatakan: Hai Nabi Muhammad katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita keluarga orang-orang mukmin agar mereka mengulurkan atas diri mereka yakni keseluruh tubuh mereka jilbab mereka.Yang demikian itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal sebagai wanita-wanita terhormat atau sebagai wanita-wanita muslimah sehingga dengan demikian mereka tidak diganggu.Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
           
Kalimat: (( نساء المؤمنينnisa’ al-mu’minin di terjemahkan oleh tim Depertemen Agama dengan istri-isri orang mukmin.Penulis lebih cendrung menerjemahkannya dengan wanita-wanita orang mikmin,sehingga ayat ini mencakup juga gadis-gadis semua orang mukmin bahkan keluarga mereka semuanya.
(An-NUR ayat 31.) op.cit

6 .  PSIKOLOGI UMUM
Ringkasan psikologi
Selebihnya ada dibuku.
         Ruang lingkup psikolog
1.         Psikologi umum.
Adalah mengambil ruang lingkup kajian pada penghayatan dan tingkah laku individu secara umum.
2.         Psikologi khusus.
Adalah cabang psikologi yang mengambilfokus kajiannya pada tingkah laku individu dalam situasi khusus dan baik dengan cara teoritia dan praktis.
Psikologi praktis meliputi:
1.         Perkembangan
2.         Pendidikan
3.         Kepribadian
4.         Kriminal
5.         Industri
6.         Differensial
7.         Komparatif
8.         Abnormal
9.         Sosial
10.       Pastoral
11.       Klinis
12.       Psikoterapi
13.       Psikoteknis
         Metode penyelidikan psikologi
1.         Metode longitudinal
Adalah membutuhkan waktu relatif lama untuk mencapai suatu hasil
2.         Metode crossectional
Adalah tidak membutuhkan waktu relatif lama
Selain dua diatas juga digunakan metode seperti:
1.         Metode filosofis, meliputi:
a.         Intuitif, yaitu bergaul secara langsung dengan objek
b.         Kontemplatif, yaitu merenungkan objek yang akan diketahui
c.         Agamis, yaitu menggunakan materi agama
2.         Metode empiris, meliputi:
a.         Observasi, yaitu mempelajari kejiwaan dengan sengaja, mengamati secara langsung, dan sistematis. Meliputi:
         Metode introspeksi, yaitu penyeliikan dengan melihat kembali.
         Metode introspeksi eksperimental, yaitu mengadakan eksperimen secara sengaja dan dalam yang dibuat.
         Metode ekstrospeksi, yaitu menyelidiki dengan sengaja dan teratur gejala jiwa sendiri dengan membandingkan gejala jiwa orang lain dan mengambil kesimpulan dengan melihat gejala jiwa yang ditunjukkan dari mimik dan pantomimik orang lain.
b.         Metode pengumpulan data, meliputi:
         Angket interview
         Biografi
         Pengumpulan bahan
         Eksperimen
         Klinis
            Interview
            Testing
            Manfaat mempelajari psikologi:
1.         Untuk memperoleh pemahaman gejala jiwa
2.         Untuk mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa
3.         Untuk mengetahui cara penyelenggaraan pendidikan dengan baik
4.         Dll.

è PSIKOLOGI UMUMç
Tes Intelegensi Binet Simon
RUMUS UMUM:        
Contoh Tes untuk usia 5-15 tahun
 Usia Fitri 5 tahun, berapa IQ nya?
Diket:

US= 6 tahun

Diberi soal
Benar dan salah
UI_-->Usia intelegensi
6 th
+ + + + +
6

7 th
+ + + + -
8 th
+ + + - -
9 th
+ + - - -
10th
+ - - - -
Jumlah
6 atau

Tingkat Intelegensi Maksimal
Luar Biasa
140-150

Pandai Sekali
130-140

Pandai
110-130

Biasa
90-110

Bodoh
50-90

Debil
30-50
10 th
Imbisil
10-30
7 th
Idiot
0-10
2 th









    7.èISTIMA’ç
Lab Bahasa lantai 3 è TA.B 5 Mei 2014 pukul 09.00-10.00 wib materi seperti yang sudah di sampaikan oleh pak Ustadz Zubaidi.
 SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT UMUM

Mata Kuliah                  :  Filsafat Umum
Kode Mata Kuliah       :  STA.2.2.08
Program Studi             :  Semua Program Studi
Jurusan                        :  Semua Jurusan
Semester                     :  Dua (2)
Bobot SKS                   :  Dua (2)
Elemen Kompetensi :  MKK
Jenis Kompetensi      : Penunjang
Standar Kompetensi  : Dapat memahami dan menjelaskan berbagai alur pemikiran filsafat mulai dari awal                                                       perkembanganya hingga dewasa ini, membandingkan dasar dan produk antara Filsafat                                               barat dan Muslim dan relasinya dengan pandangan hidup, pemikiran keagamaan dan                                                    perkembangan ilmu pengetahuan.

MATERI POKOK :
1. Ruang Lingkup Filsafat Umum
2. Hakekat Asal Muasal sesuatu
3. Hakekat Kehidupan dan kesadaran Menemukan Dunia
4. Pemikiran para filsuf abad pertengahan
5. Pemikiran para filsuf muslim
6. Pemikiran para filsuf modern dan aliran-alirannya
7. Perkembangan Pemikiran Filsafat Kontemporer
8. Penggunaan Aksiologi, Ontologi dan Epistemologi

REFERENSI :
1. Ahmad Syadali, Filsafat Umum, Pustaka Setia Bandung
2. Ahmad Tafsir, Filsafat Umum, PT. Remaja Rosdakarya Bandung
3. Endang Daruni Asdi, Filsuf-filsuf Dunia dalam Gambar, Karya Kencana Yogyakarta
4. Endang Saifuddin Anshari, Ilmu, Filsafat dan Agama, PT Bina Ilmu Surabaya
5. Kattsoff, Louis O, Pengantar Filsafat, Tiara Wacana Yogyakarta
6. Poedjawijatna, Pembimbing ke arah Alam Filsafat, PT. Pembangunan Jakarta
7. Titus dkk, Persoalan-persoalan Filsafat, Bulan Bintang Jakarta
8. Waris, Filsafat Umum, STAIN Po Pres 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar