HASIL FORUM GROUP DISCUTION UNTUK KHOLASHOH
SEMESTER 2
KAMIS
17 APRIL 2014 (Cokromenggalan)
Kholasoh ini sengaja disusun untuk memenuhi salah satu program
kerja kelas TA.B dengan merangkum semua mata kuliah pertengahan semester 2,
demi terwujudnya persahabatan, kekompakan dan ukhuwah islamiyah fi
ta`liimillughoh
M.Rizal,
Chilya, Luthfi M, Lailatul, Rhofiqi, Fiky, Ela, Chasan, Ni`mah, Ana, Choirul,
Nur H, Aliya, Achi, Hanim, Irma, Yusuf, Richanatul, Maisyaroh, Ikmal, Novia,
Fauziah, S.Thony
Tarbiyah
Program Study Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo
Perputakaan Mahasiswa : katalog dalam terbitan pertama semester
genap
PBA 2014
MODUL RANGKUMAN MATERI PERTENGAHAN SEMESTER 2
ISBN : 979-3008-13-X
Hak Cipta
dilindungi
Undang –
undang pada : Penulis
Cetakan
pertama : April 2014
Cover
Desind : Audio Grafika Al`ashaab
Email : PBA.2013@ymail.co.id
Website : http;//arekpbapo.com
Rangkuman ini
disusun diterbitkan atas kerjasama kajian PBA kelas “TA.B” Al`ashaab Perdana
dengan KOSMA STAIN mewakili proker HMPS
Ta`lim bulanan.
Institute kajian Program Study
Bahasa Arab “TA.B”
Jl. Pramuka No. 156 Ronowijayan
Siman Ponorogo
Telp (085)785611848, Fax. : 4303032
Dilarang
memperbanyak dengan cara apapun termasuk mencetak, mengcopy, dan sebagainya,
menyalin, menyitir baik seluruhnya atau
sebagian tanpa izin terlulis dari penerbit/penulis, kecuali dalam hal
pengutipan untuk keperluan UTS maupun referensi dalam belajar PraUjian
|
|
بقسم
اللغة العربية
في الشارع فراموكا زقاق الرابع
رونوويجايان سيمان فونوروغو
بسم الله الرحمن الرحيم
MUQODDIMAH
Segala puji bagi Allah SWT
kita memuji –Nya meminta tolong kepada-Nya, memohon ampun kepada-Nya, dan kita
berlindung kepada Allah dari kejahatan jiwa-jiwa kita , dan amal-amal kita.
Barangsiapa yang Allah beri petunjuk maka tidak ada siapapun yang
menyesatkanya, dan barangsiapa yang yang disesatkan maka tidak ada siapapun
yang menunjukanya. Aku bersaksi tidak ada Illah yang berhak diibadahi
kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad
adalah hamba dan utusan-Nya.
Adapun sesudah itu, marilah
senantiasa kita berikan salam kehormatan slam kesejahteraan kepada
panglima kita Nabi Muhammad SAW, kepada
keluarga, sahabat dan umat yang mengikutinya hingga hari kiamat kelak .Dimana
nabi kita SAW tidak pernah menyembunyikan satu patah kata pun dalam syariat
Islam yang mulia ini, semua telah disampaikan,disebarkan disegala penjuru dunia
oleh baginda Rosul kepada umatnya yaitu ajaran Islam yang utuh dan sempurna
ini.
‘’MAHA’’ –siswa akan bermakna,
jika ‘’MAHA’’ ini benar-benar ada. Bukan kebanggaan menjadi seorang mahasiswa
ketika hanya diam tanpa membawa sebuah perubahan. Untuk mewujudkan perubahan
mahasiswa harus melakukan pergerakan. Mahasiswa tidak cukup hanya dengan
membaca tanpa analisa, Mahasiswa tidak cukup hanya dengan bicara tanpa
aktualisasi. Dan semua itu berawal dari diri kita, perjuangan, pengorbanan,
keuletan dalam berproses di dalam miniatur kampus adalah mudal utama. Al harokatu
Huwal Barokah
Setelah mengalami beberapa hal
kejadian unik (kecelakaan) di sekitar kampus mengenai program study maupun
jurusan, ada kalanya kita berfikir sejenak untuk apa kita mengambil suatu satu
jurusan yang akan menjadikan kita nanti seseorang individu yang ditentukan
pribadi kita masing-masing sebelumnya. Dari hal inilah pentingnya setiap
individu berusaha menjauhkan diri dari sifat egosentris karena pada dasarnya
manusia di ciptakan untuk bersosial (humanistic Approach).
Lewat program kerja kelas yang
didukung semua anggota kelas TA.B akhirnya terealisasikan juga semangat
teman-teman dalam membangun kebersamaan dalam pembelajaran di luar kelas, meski
hanya berkumpul disuatu tempat yang barokah untuk membahas bersama pembelajaran
selama pertengahan semester ini. Pun pula meski banyak kendala,molornya jam dan
juga sebagian teman dari ikhwan yang tidak ikut serta dalam kegiatan ini, tidak
menyurutkan semangat teman-teman PBA yang lain untuk melangsungkan kegiatan
perdana kelas ini.
1.
STUDY FIQH
èFIQIHç
Kisi-kisi
·
Jangan lupa belajar dengan rajin
·
Berdo’a juga jangan ditinggalkan
·
Tawakkal kepada Allah
·
Materi UTS meliputi
Ø
Seputar Hakekat Fiqh
Ø
Hakekat Ibadah
Ø
Wudlu Tayammum
·
Haram Mencontek
Jumlah soal 6 Nomer (Ada yang beranak…). Tapi pilih dan kerjakan 4
nomor saja.
----Good Luck---
(Imam
al-Ghazali) mengatakan bahwasanya Hakikat ibadah adalah mengikuti Nabi Muhammad
saw pada setiap perintah dan larangannya. Bentuknya seperti ibadah tapi
diperbuat tanpa perintah.
Tujuan ibadah
Menghadapkan kepada Allah saja dalam mengesakannya sebagai tumpuan
harapan segala hal
Fungsi Ibadah
Menghidupkan kesadaran tauhid serta memantapkan di dalam hati,
menghapus kepercayaan dan ketergantungan pada selain-Nya.
Hakikat Fiqh:
Pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai perintah-perintah dan
realitas islam dan tidak memiliki relevansi khusus dengan bagian ilmu tertentu.
2.
BAHASA ARAB QIRO`AH
بَائِعَةٌ اللَّبَنِ
كاَنَ عُمَرُ ابْنُ الخَطَّابِ
يَسِيْرُ فِى الَمِديْنَةِ وَ مَعَهُ خَادِمُهُ، وَ اللَّيْلُ مُظْلِيْمٌ وَ الطَّرِيْقُ
خَالِيَةٌ مِنَ النَّا سِ، فَسَمِعَ صَوْتُ اِمْرَأَةٍ تَقُوْلُ لِاِبْنَتِهِ: قُوْمِى
يَا بِنْتِى وَ ضَعِى مَاءًا فِى اللَبَنِ
وَاسْتَعِدِّى لِبَيَعِهِ فِى الصَبِاحِ . فَأَجَابَتْ البِنْتُ : اِنَّ الخَلِيْفَةَ
مَنَعَنَا مِنْ غَشِّ اللَبَنِ بِا المَاءِ.
قَا لَتْ الاُمُّ: "الخَلِيْفَةُ غَا ئِبُ فَهَلْ يَرَانَا؟ اَوْ هَلْ يَرَانَا
اَحَدُ؟ قَالَتِ البِنْتُ: لَا يَرَانَا اَحَدُ مِنَ النَّاسِ يَا اُمَّاهُ وَ لَكِنَّ
اللهَ يَرَانَا "
اَعْجَبَتْ اَمِيْرُ المُعْمِنِيْنَ
بِكَلاَ مِ الفَتَا ةِ وَ بِحُسْنِ اَ خْلَا ِقهَا، ثُمَّ قَالَ لِخَادِمِهِ: الفَتَاةُ
طَيِّبَةٌ وَسَوْفَ اُزَوِّجُهَا لِوَلَدِى عَا صِمْ.
طا عة الله و رسوله
بعث الله محمّدا ص.م. رسولا يدعو النّاس الى توحيد الله وعبا دته، وقد
نزل القران الكريم على محمّد يهدى النّاس الى الخير. فنحن نقرأ القران الكريم و
نتعلّم منه الصّلاة و الصّوم و الحجّ و الا خلاق الحسنة. فاطع ربّك واعمل بما امرك
به وابتعد عمّا نهاك عنه، فانّ الّذى يؤمن بكتاب الله و يؤمن برسوله ويعمل صالحا
فسوف يدخله الله الجنّة و يجزيه خير الجزاء.
انتشر الاسلام
حين امر الله رسوله محمّدا
ص.م. ان يجهر با الدعوة الى الله، دعاالنّاس الى دين
الله وساعده فى ذلك اصحابه، فانتشر الاسلام فى جزيرة العرب،و دخل النّاس فى دين
افواجا.
ولمّا توفّى رسول ص.م. قام الخلفاء الراشدون و من بعدهم من الخلفاء و
سعوا فى نشر الاسلام خارج الجزيرة العربيّة، فوصلو به شرقا الى بلاد الصّين، و
غربا الى بلاد الاندلس و المحيط الاطلسى وجنوبا الى جنوب افريقيا و شمالا الى
روسيا.
ولقدانتشر الاسلام سريعا،
لبساطته وعدله ومسا واته وكونه دين الحقّ، كما انّ حبّ المسلمين لعقيدتهم
ومعاملتهم الطيّبة لاهل البلاد المفتوحة
كانت من اسباب انتشاره، ودخول النّاس فيه.
الامام الشافعى
اشتهر فى العالم الاسلاميّ
ائمّة كثيرون منهم: الامام مالك،والامام ابوحنيفة، و الامام الشافعى، و الامام
احمدبن هنبل. كان كل واحد من هؤلاء علما من اعلام الشريعة والفقه و الحديث و
التفسير.
فاالامام الشافعى هو محمّد
بن ادريس بن العبّاس بن شافع. كانت عشيرته تعيش فى مكة مكرمة، ولكنّ والديه هاجر
الى فلسطين، وفى غزّة ولد الامام الشافعى، وبعدولد بقليل توفّى والده، و لمّا بلغ
عمره سنتين عادت به امّه الى مكة لينشأ بين قومه وعشيرته.
ولمّاقوى وترعرع سافر الى
عالم دار الهجرة الامام مالك، فلازمه حتّى درس عليه كتاب ثمّ ذهب الى البغداد،
وهناك اخذ مذهب الامام ابو حنيفة عن تلميذه محمّد بن الحسن فوازن بين المذهبين،
وخرج بمذهب جديدعلى النّاس، ثمّ ذهب الى مصر ونشر بها مذهبه الجديد، ومكث فى مصر
حتّى توفّى عام 204 هـ، فى الرابعة و الخمسين من عمره.
عرف الامام الشافعى
باالذكاء والفصاحة والقدرة على الخطابه و الشعر، وقد سمّاه بعضهم خطيب العلماء،
وكان الامام الشافعى يدعو النّاس الى العلم و المعرفة.
الحمامىة والثعلب ومالك
الحزين
يحكى انّ حمامة كانت تسكن
فوق شجرة، وكلما وضعة بيضاو خرج منه فراخها اتى اليها ثعلب يهدّدها فترمى اليه
بفراخها. وذات يوم كانت حمامة تنظر الى فراخها صباحا وهي حزينة. فجاء اليها طائر
يسمّى{مالك الحزين} ونصحها ان لا ترمى بفراخها الى الثعلب و ان تطلب منه
الصعوداليها، فانه لن يستطيع. فهدأت الحمامة وشكرته على نصيحته.
حين اقبل الثعلب وقف تحت
الشجرة و هدّد الحمامة، فاجابته ممّا علمها مالك الحزين؟ ولمّا عالم الثعلب بذلك
فكّر لحظة ثمّ اسرع يبحث عن مالك الحزين حتّى وجده عصرا يقف امام شاطئ النّهر.
فقال له يا مالك الحزين، اذا هبّت الريح يمينا فاين تجعل رأسك؟ قال: اجعله عن
شمالى.
قال الثعلب: و اذا اتتك
الريح شمالا، فأين تجعل رأسك؟ قال : اجعله عن يمينى او خلفى. قال الثعلب: و اذا
اتتك الريح من كل مكان فأين تجعل رأسك؟ قال فأجعله بيت جناحيّ هكذا، وأدخل الطّائر
رأسه تحت جناحيه، فهجم عليه الثعلب و أمسك به و قال له: يا عدوّ نفسه, تنصح
الحمامة ولا تعلمها الحيلة لنفسك.
3.
ULUMUL HADITS
èSTUDI HADITSç
- Mengharokati Hadits
- Menyebutkan isi kandungan hadits
a.
Iman, Islam, dan Ihsan
b.
Realisasi iman dalam kehidupan
Ø
Iman kepada Allah dan rosul-Nya
tanpa ragu
Ø
Cinta saudaranya seperti cnta diri
sendiri
Ø
Berkata baik, memuliakan tetangga
dan tamu
Ø
Memiliki rasa malu
c.
Ikhlas beramal
d.
Dosa-dosa besar
Etos kerja.
4 . MUFRODZAT
1-
ما الفرق التعريف
بين المفردات والمترادفات لغة واصطلاحا؟
أ- المفرات لغة
جمن مفردة بمعنى الكلمة أواللفظ أو الشخص أو الواحد أو الفرد0
المفردات اصطلاحا اللفظة أو الكلمة
التى تتكون من حرفين فأكثر وتدلّ على معنى, سواء أكانت فعلا أو اِسما أو اداة0
ب- المترادفات لغة جمن المترادفة بمعنى المتشابهة0
المترادفات اصطلاحا ما اختلف لفظة
واتفق معناه أو اطلاق عدةُ كلمات على مدلول واحد0ٍ
2-
كم أنواع معانى
المفردات فى اللغة العربية؟ اشرح وءاتى مثالا فى جملة مفيدة!
ثلا ث انواع :
أ- المعنى النحو
: العلا قة بين المفردة ومكونات الجملة الأخرى
التي تسبقها والتي تلحق بها من وجهة علم النحو والتركيب
المثال: قراء التلميذ القران
ب- المعنى المعجمى: معنى المفرذات مجرّدة معزولة من
السياق أو كما تردّ فى القاموس
مثال: هذا فصل جميل
ج- المعنى السياقى: المعنى الذى ينتج
عن العلاقة بين المفرذة أوالموقف الذى تردّ فيه بما له فى ذالك من تحديد زمانى ومكانى
واجتماعى وثقافى لاتخرج عن إطاره0
المثال: أنا أتعلّم درس الفقه
الحياة مليئة
فى الدروس
3-
ما التاريح
من المفرذات والمتراذفات ؟
المفردات : مفهوم عن المفردات
a) فرد – يفرد
– فرودا – كان فردا
b) الفرد – الشخص
c) المفرد (المفردة)
: الواحد ضد الجمع
d) المفردات جمن
مفردة : الكلمات جمن كلمة – المفردات اللغة
المترادفات
a) ردف – يردف
– ردفا
ردف (ه) وردف له : تبعه
b) ترادف - يترادف
- مترادفا : المتشابه في المعنى
4- ما عناصر اللغة
؟
الاصوات, المفردات, التراكيب, المعنى
5
. ULUMUL QUR`AN
Sejarah dan perkembangan Tafsir Al`quran
A.
Pengartian
Tafsir
Tafsir,
pada hakikatnya adalah: mensyarahkan lafadz yang sukar difahamkan oleh
pendengar dengan uraian yang menjelaskan maksud, yang demikian itu ada kalanya
dengan menyebut muradifnya, atau yang mendekatinya, atau ia mempunyai petunjuk
kepadanya melalui sesuatu jalan dalalah (petunjuk).
B.
Sejarah dan Perkembangan Tafsir
Tafsir
di masa nabi..Al qur’an di turunkan
dalam bahasa arab, menurut ushlub2nya. Selurh lafat al qur’an adalah bahasa arab kecuali beberapa
kata yang berasal dari bahasa lain yng telah menjadi bahasa arab, serta di
pakipun menurut ushlub bahasa arab sendiri.
Tafsir
Pada Masa Shabat. Azd-Dzabi menyatakan “ sudah
merupakan tabi’at bahwasanya Nabi Muhammad SAW memahami Al-Qur’an sangat
bergantung pada apa yang didapatkan dari Rasulullah SAW.
Tafsir
Pada Masa Tabi’in.Tabi’in adlah generasi ummat islam yang
bertemu dengan para sahabat. Mereka adalah ummat yang paling berbahagia, karena
meskipun tidak melihat Rasulullah SAW, Mereka dapat menyaksikan para sahabat
yang pernah melihat dan bergaul dengan Rasulullah SAW.
*
Metode Penafsiran Ijmali dan Tahlili
Pengertian tafsir tahlili dan ijmali
Pengertian tafsir tahlili . metode
tafsir tahili adlah cara menafsirkan alquran dengan mengurangi dan menganalisa
ayat ayat alqyran secara beruntutuan sesuai tertib mushaf dengan membahas
segala makna dan aspek yang tegandung di dalamnya.
Pengertatian tafsir ijmali
Tafsir ijmali adalah menafsirkan
dengan alquran dengan singkat dan global
tanpa uarian panjangdanlebar .
Ciri- ciri metode tafsir
1.
tafsir
tahlili menjelaskan segala sesuatu yang menyangkut ayat itu dari segala seginya
2.
mengungkapkan
asbabul nuzul yang di tafsirkanya jika ayat tersebut memang memiliki asbab
nuzul menafsirkan ayat perayat secara berurutan dalam pembahsanya selalu
melihat korelasi antar kelompok untuk menemukan makna penafsiran itu.
3.
Tafsir
metode ijmali ini jhampir sama dengan metode tafsir tahlili tetapi penafsiranya
tidak secara terperimci. tidak tafsir tahlili hanya secara ringkas dan umum.
METODE TAFSIR MUQORRIN DAN MAUDHUI
Tafsir Maudhu’i
menurut pengertian istilah para ulama adalah “ menghimpun seluruh ayat
Al Qur’an yang memiliki tujuan dan tema yang sama kemudian berdasarkan sebab
sebab turunya – kalau ada –. Kemudinan menguraikannya dengan menjelajah seluruh
aspek yang dapat digali hasilnya diukur dengan teori-teori akurat sehingga si
mifassir dapat menyajikan tema secara utuh dan sempurn Semua ayat yang
berkaitan dihimpun dan dibahas secara mendalam dari berbagai aspek, seperti asbab
al-nuzul, kosakata, dan sebagainya. Serta
didukung oleh dalil-dalil dan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan
secara ilmiah, baik dari Al Qur’an, hadist maupun pemikiran rasional.
- Metode Komparatif (Muqorrin ) adalah metode perbandingan antara ayat dengan ayat, ayat dengan hadist, dan pendapat para ulama
- Perbandingan adalah ciri utama metode Muqorrin, karena objek pembahasan adalah membandingkan antara pendapat para mufassir.
- Metode komparatif sangat penting bagi para study lanjut untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas, karena metode ini membandingkan pendapat-pendapat para mufassir.
- Metode Tematik (Maudhu’i ) adalah membahas ayat Al Qur’an sesuai dengan judul dan tema yang telah ditentukan.
Dalam metode ini para ulama tafsir
tidak berbeda pendapat, dari berbagai litaratur yang ada dapat dirangkum bahwa
metode komparatif ( Muqorrin ) adalah:
- Membandingkan teks (nash) ayat-ayat Al Qur’an yang memiliki persamaan atau kemiripan redaksi dalam dua kasus atau lebih, dan atau memiliki redaksi yang berbeda bagi satu kasus yang sama.
- Membandingkan ayat Al Qur’an dengan hadist yang pada lahirnya terlihat bertentangan;
- Dan membandingkan pendapatt para ulama tafsir dalam menafsirkan Al Qur’an.
* Kitab-kitab dan Contoh Tafsir Tahlili
Diantara kitab-kitab tafsir yang menggunakan metode ini
adalah:
·
Tafsir al-Qur’an al-‘azhim karya Ibn Katsir.
·
Tafsir al-Munir karya Syaikh Nawawy al-Bantany.
·
Ada yang ditulis dengan sangat panjang, seperti kitab tafsir karya al-Lusi,
Fakhr al-Din al-Razi, dan Ibn Jarir al-Thabari;
·
Ada yang sedang, seperti kitab Tafsir Imam al-Baidhawi dan al-Naisaburi;
·
dan ada pula yang ditulis dengan ringkas, tetapi jelas dan padat, seperti
kitab Tafsir al-Jalalayn karya Jalal al-Din Suyuthi dan Jalal al-Din al-
Mahalli dan kitab Tafsir yang ditulis Muhammad Farid Wajdi.
*Sedangkan contoh-contoh metode Tafsir tahlili anatara
lain :
1. Tafsir Al-fakhruddin
al-Razy yang terdiri dari tafsir al- Kabir (Mafatih al-Ghaib) yang
terdiri dari 30 jilid dan Tafsir al-Saghir (Asrar al-Tanzil wa Anwar
al-Ta’wil).
2. Tafsir Imam al-Zamakhsari
(Al-Ksyasaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘uyun al-Aqawil fi Wujud al-Ta’wil).
Contoh ayat tasir Al-Kasyasyaf QS. 75, Al-Qiyamah : 22-23
dan QS. 6, Al-An’am : 103. Kedua ayat ini dianggapnya muhkam karena mustahil
Allah itu dapat dilihat oleh penglihatan manusia.
IJMALI
ContohKitab Yang Menggunakan Metode
Ijmali
Contoh kitab tafsir yang menggunakan metode ijmali, antara lain:
Contoh kitab tafsir yang menggunakan metode ijmali, antara lain:
1) Tafsir Jalalain, karya Jalaluddin
al-Mahalli dan Jalaluddin Asy-Syuyuthi
Tafsir Jalalain, termasuk tafsir bir Ra’yil mamduh. Mengunakan metode ijmali. Dfalam tafsir ini disebutkan juga asbabun nuzul, sebagian i’rab dan cara membaca lafal, dan kembalinya dhamir. Salah satu keistimewaan tafsir ini adalah tafsir ini sangat singkat dan padat.
2) Tafsir Ibnu Abbas.
3) Mushafush Shahabah Li Kalimatil Qur’an, karya Abdullah ‘Ulwan.
4) Taisiru Karimir Rahman, karya Abdurrahman As-Sa’di.
5) Al-Mushaf Al-Mufassar karya uastadz Muhammad Farid Wajdi.
6) At-Tafsirul Wadhih karya DR. Muhammad Mahmud Hijazi.
Tafsir Jalalain, termasuk tafsir bir Ra’yil mamduh. Mengunakan metode ijmali. Dfalam tafsir ini disebutkan juga asbabun nuzul, sebagian i’rab dan cara membaca lafal, dan kembalinya dhamir. Salah satu keistimewaan tafsir ini adalah tafsir ini sangat singkat dan padat.
2) Tafsir Ibnu Abbas.
3) Mushafush Shahabah Li Kalimatil Qur’an, karya Abdullah ‘Ulwan.
4) Taisiru Karimir Rahman, karya Abdurrahman As-Sa’di.
5) Al-Mushaf Al-Mufassar karya uastadz Muhammad Farid Wajdi.
6) At-Tafsirul Wadhih karya DR. Muhammad Mahmud Hijazi.
Surat AL-ahzab ayat 59
ياأْيّهاالنّبي ّقل لأزْواجك وبناتك
ونساءالمؤْمنين يدْنين من جلابيبهن ّذلك أدنىأن يعْرفْن فلا يؤْذيْن وكان الله
غفورا رحيما (59)
HaiNabi,katakanlah pada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang
mukmin:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.”Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,karena itu mereka tidak di ganggu.Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS.33 al-Azhab:59)
Sebelum turunnya ayat ini,cara
berpakaian wanita merdeka atau budak,yang baik-baik atau yang kurang sopan hampir dapat dikatakan sama.Karena itu
lelaki usil sering kali mengganggu wanita-wanita khususnya yang mereka ketahui
atau diduga sebagai hamba sahaya.Untuk
menghindarkan gangguan tersebut,serta menampakkan kehormatan wanita muslimah
ayat di atas turun menyatakan: Hai Nabi Muhammad katakanlah kepada
istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita keluarga orang-orang mukmin agar mereka mengulurkan
atas diri mereka yakni keseluruh tubuh mereka jilbab mereka.Yang demikian itu
menjadikan mereka lebih mudah dikenal sebagai wanita-wanita terhormat atau
sebagai wanita-wanita muslimah sehingga dengan
demikian mereka tidak diganggu.Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Kalimat: ((
نساء المؤمنينnisa’ al-mu’minin di terjemahkan
oleh tim Depertemen Agama dengan istri-isri orang mukmin.Penulis lebih
cendrung menerjemahkannya dengan wanita-wanita orang mikmin,sehingga
ayat ini mencakup juga gadis-gadis semua orang mukmin bahkan keluarga mereka
semuanya.
(An-NUR ayat 31.) op.cit
6
. PSIKOLOGI UMUM
Ringkasan psikologi
Selebihnya ada dibuku.
Ruang
lingkup psikolog
1. Psikologi
umum.
Adalah mengambil ruang lingkup
kajian pada penghayatan dan tingkah laku individu secara umum.
2. Psikologi
khusus.
Adalah cabang psikologi yang
mengambilfokus kajiannya pada tingkah laku individu dalam situasi khusus dan
baik dengan cara teoritia dan praktis.
Psikologi praktis meliputi:
1. Perkembangan
2. Pendidikan
3. Kepribadian
4. Kriminal
5. Industri
6. Differensial
7. Komparatif
8. Abnormal
9. Sosial
10. Pastoral
11. Klinis
12. Psikoterapi
13. Psikoteknis
Metode
penyelidikan psikologi
1. Metode
longitudinal
Adalah membutuhkan waktu relatif
lama untuk mencapai suatu hasil
2. Metode
crossectional
Adalah tidak membutuhkan waktu
relatif lama
Selain dua diatas juga digunakan
metode seperti:
1. Metode
filosofis, meliputi:
a. Intuitif,
yaitu bergaul secara langsung dengan objek
b. Kontemplatif,
yaitu merenungkan objek yang akan diketahui
c. Agamis,
yaitu menggunakan materi agama
2. Metode
empiris, meliputi:
a. Observasi,
yaitu mempelajari kejiwaan dengan sengaja, mengamati secara langsung, dan
sistematis. Meliputi:
Metode
introspeksi, yaitu penyeliikan dengan melihat kembali.
Metode
introspeksi eksperimental, yaitu mengadakan eksperimen secara sengaja dan dalam
yang dibuat.
Metode
ekstrospeksi, yaitu menyelidiki dengan sengaja dan teratur gejala jiwa sendiri
dengan membandingkan gejala jiwa orang lain dan mengambil kesimpulan dengan
melihat gejala jiwa yang ditunjukkan dari mimik dan pantomimik orang lain.
b. Metode
pengumpulan data, meliputi:
Angket
interview
Biografi
Pengumpulan
bahan
Eksperimen
Klinis
Interview
Testing
Manfaat
mempelajari psikologi:
1. Untuk
memperoleh pemahaman gejala jiwa
2. Untuk
mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa
3. Untuk
mengetahui cara penyelenggaraan pendidikan dengan baik
4. Dll.
è PSIKOLOGI UMUMç
Tes Intelegensi Binet
Simon
RUMUS UMUM:
Contoh Tes
untuk usia 5-15 tahun
Usia Fitri 5 tahun, berapa IQ nya?
Diket:
US= 6 tahun
Diberi soal
|
Benar dan salah
|
UI_-->Usia intelegensi
|
6 th
|
+ + + + +
|
6
|
7 th
|
+ + + + -
|
|
8 th
|
+ + + - -
|
|
9 th
|
+ + - - -
|
|
10th
|
+ - - - -
|
|
Jumlah
|
6 atau
|
Tingkat Intelegensi Maksimal
|
||
Luar Biasa
|
140-150
|
|
Pandai Sekali
|
130-140
|
|
Pandai
|
110-130
|
|
Biasa
|
90-110
|
|
Bodoh
|
50-90
|
|
Debil
|
30-50
|
10 th
|
Imbisil
|
10-30
|
7 th
|
Idiot
|
0-10
|
2 th
|
|
7.èISTIMA’ç
Lab Bahasa lantai 3 è TA.B 5 Mei
2014 pukul 09.00-10.00 wib materi seperti yang sudah di sampaikan oleh pak
Ustadz Zubaidi.
SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT UMUM
Mata Kuliah
: Filsafat Umum
Kode Mata Kuliah
: STA.2.2.08
Program Studi
: Semua Program Studi
Jurusan
: Semua Jurusan
Semester
: Dua (2)
Bobot SKS
: Dua (2)
Elemen Kompetensi : MKK
Jenis Kompetensi
: Penunjang
Standar Kompetensi : Dapat
memahami dan menjelaskan berbagai alur pemikiran filsafat mulai dari awal
perkembanganya hingga dewasa ini,
membandingkan dasar dan produk antara Filsafat
barat dan Muslim dan
relasinya dengan pandangan hidup, pemikiran keagamaan dan
perkembangan ilmu pengetahuan.
MATERI POKOK :
1. Ruang Lingkup Filsafat Umum
2. Hakekat Asal Muasal sesuatu
3. Hakekat Kehidupan dan kesadaran
Menemukan Dunia
4. Pemikiran para filsuf abad
pertengahan
5. Pemikiran para filsuf muslim
6. Pemikiran para filsuf modern dan
aliran-alirannya
7. Perkembangan Pemikiran Filsafat
Kontemporer
8. Penggunaan Aksiologi, Ontologi
dan Epistemologi
REFERENSI :
1. Ahmad Syadali, Filsafat Umum,
Pustaka Setia Bandung
2. Ahmad Tafsir, Filsafat Umum, PT.
Remaja Rosdakarya Bandung
3. Endang Daruni Asdi, Filsuf-filsuf
Dunia dalam Gambar, Karya Kencana Yogyakarta
4. Endang Saifuddin Anshari, Ilmu,
Filsafat dan Agama, PT Bina Ilmu Surabaya
5. Kattsoff, Louis O, Pengantar
Filsafat, Tiara Wacana Yogyakarta
6. Poedjawijatna, Pembimbing ke arah
Alam Filsafat, PT. Pembangunan Jakarta
7. Titus dkk,
Persoalan-persoalan Filsafat, Bulan Bintang Jakarta
8. Waris, Filsafat Umum, STAIN Po
Pres
Tidak ada komentar:
Posting Komentar