Minggu, 25 September 2016

RPP 2013 Pra Micro Teaching







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH
Berdasarkan Permendikbud No. 103 dan 104 tahun 2014





NAMA MADRASAH           :           MTsN  Ponorogo
MAPEL                                  :           Bahasa Arab
KELAS/SEMESTER             :           VIII E / Gasal / BAB II
ALOKASI WAKTU              :           2 x 40 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, senibudaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.1
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
فريد و فؤاد في البيت       

baik secara lisan maupun tertulis
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
فريد و فؤاد في البيت       

dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Aspek Spiritual
1.1.1 Membiasakan mengucapkan basmalah
1.1.2 Membiasakan mengucapkan hamdalah
1.1.3 Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar

2.      Aspek Sosial
2.1.1 Membiasakan berkata sebenarnya
2.1.2 Membiasakan mengisi kotak kamal
2.1.3 Membiasakan masuk kelas tepat waktu

3.      Aspek Pengetahuan
3.1.1 Mampu menjelaskan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan materi فريد و فؤاد في البيت       
3.1.2 Mampu memahami bunyi kata ,frase, dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan materi فريد و فؤاد في البيت       
3.1.3 Mampu menyebutkan bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan materi فريد و فؤاد في البيت       



4.      Aspek Ketrampilan
4.1.1 Mampu berkomunikasi bahasa arab terkait dengan materi فريد و فؤاد في البيت       
4.1.2 Mampu memprakterkan dialog sederhana tentang materi فريد و فؤاد في البيت       
4.1.3 Mampu menghafal .mufrodat-mufrodat sesuai dengan materi فريد و فؤاد في البيت       

D.    MATERI PEMBELAJARAN
" فريد و فؤاد في البيت"       








E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.      Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)

Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/Strategi
Sumber Belajar








20 Menit
1.      Kegiatan Guru
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
f.       Guru mengantarkan Siswa kepada suatu permasalahan yang dihadapi kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.      Guru  menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta bentuk tes dan tugas selesai pembelajaran yang akan dilaksanakannya.

2.      Kegiatan Siswa
a.       Menjawab salam
b.      membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
c.       mendengarkan guru mengabsen
d.      Merespon pertanyaan guru tentang materi yang sudah di pelajari dengan serius
e.       Menyimak tujuan dan penjelasan materi yang disampaikan guru







1.      Tanya jawab
2.      Drill
3.      Sam’iyah safawiyah





1.      Media :Papan tulis, laptop, LCD, slide Powerpoint.
2.      Alat/bahan:Gambar/tulisan, kertas
3.      Sumber belajar :Buku paket, kamus, LKS.  



2.      Kegiatan Inti (45 Menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran Berbasis Scientific Berdasarkan Permendikbud 81. A Tahun 2013 Lampiran 4
Metode/strategi
Sumber Belajar







45menit
1.      Kegiatan mengamati dengan teliti
a.       Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang materi tersebut.
b.      Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan.
c.       Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan.
2.      Kegiatan menanya dengan santun
a.       Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab baik secara individu maupun kelompok.
b.      Siswa menanyakan materi yang diajarkan dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3.      Kegiatan mencoba dengan penuh semangat
a.       Siswa melafalkan materi
b.      Siswa menunjukan gambar atau mempergakannya sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
c.       Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
4.      Kegiatan asosiasi/menalar dengan terampil
a.       Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
b.      Siswa menunjukan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
c.       Siswa memperagakan sesuai dengan  kata, frasa dan  kalimat yang diperdengarkan
5.      Kegiatan komunikasi/mengkomunikasikan dengan percaya diri dan tanggung jawab
a.       Siswa melafalkan kalimat  bahasa Arab sesuai gambar
b.      Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab tentang gambar beserta artinya
c.       Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat sesuai yang diperdengarkan.







1.      Tanya jawab
2.      Drill
3.      Sam’iyahsafawiyah






1.      Media :Papantulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint.
2.      Alat/Bahan:Gambar/tulisanKertas
3.      SumberBelajar :buku paket, kamus, Lks.  









3.Kegiatan Penutup (15 menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/Strategi
Sumber Belajar







15Menit
1.      Refleksi
a.       Guru meminta siswa mengulangi  kata, frasa dan kalimat tentang materi yang diajarkan
b.      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan.
c.       Guru meminta siswa agar membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topic materi dalam bahasa Arab
2.      Kegiatan Penilaian dan RTL
a.       Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan tentang istima’  yang terdapat dalam buku
b.      Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
3.      Doa/Salam
a.      Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan member salam










1.      Dengan ice breaker\
2.      Outbond kelas







F.     PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1.      Teknik Penilaian
1)      Teknik Penilaian KI-1: obsrvasi
Guru mengamati kebiasaan atau tingkah laku pada setiap peserta didik di dalam kelas ketika sedang di mulainya pembelajaran.
2)      Teknik Penilaian KI-2: pengamatan
Guru mengamati kebiasaan atau tingkah laku pada setiap peserta didik di dalam kelas ketika sedang di mulainya pembelajaran.
3)      Teknik Penilaian KI-3: tes tulis
Guru memberikan soal tes tulis dalam bentuk pilihan ganda kepada siswa
4)      Teknik Penilaian KI-4: praktek
Guru menyuh peserta didik untuk menghafalkan kosakata dan diwajibkan untuk maju ke depan berdiri di depan teman-temanya





Mengetahui,
Kepala Sekolah




_________________________
NIP :

Ponorogo,   26-03-2016
Nama Calon Guru




MUHAIFIN AGUS SULTHONI
NIM :210513041

Tidak ada komentar:

Posting Komentar