Minggu, 25 September 2016

ABSTRAK Zainur Rizqi, Jeffi. 2015. Pembelajaran Bayan Di Kelas VII TSANAWIYAH PP Al Ihsan Kebonsari-Madiun Tahun Ajaran 2014-2015



ABSTRAK
Zainur Rizqi, Jeffi. 2015. Pembelajaran Bayan Di Kelas VII TSANAWIYAH PP Al Ihsan Kebonsari-Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Tugas. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Ponorogo, Dosen Pengampu : Evi Muafiah, M. Ag.

Kata Kunci : Pembelajaran Bayan, Kelas VII TSANAWIYAH, PP Al IHSAN.

Al Balaghah yang dinamakan pula Qowaidul Uslub atau Stylistic Ta’limi, merupakan satu cabang ilmu bahasa Arab yang mempelajari qaidah-qaidah mengenai gaya bahasa atau uslub untuk dipergunakan dalam pembicaraan atau tulisan. Balaghah meliputi tiga bidang ilmu yaitu Bayan, Ma’ani dan Badie. Ilmu Bayan adalah ilmu yang mempelajari cara-cara mengemukakan suatu gagasan dengan berbagai macam redaksi. Objek kajian ilmu bayan adalah tasbyih, majaz, dan kinayah. Melalui ketiga bidang ini kita akan mengetahui ungkapan-ungkapan bahasa Arab yang fasih, baik dan benar, serta mengetahui ungkapan-ungkapan yang tidak fasih dan tidak cocok untuk diucapkan. Ilmu ini dapat membantu kita juga untuk mengungkapkan suatu ide atau perasaan melalui bentuk kalimat dan uslub yang bervariasi sesuai dengan muqtadha al-hal, akan tetapi realitanya meskipun mayoritas anak dapat mengungkapkan kalimat dengan uslub yang rumayan baik sebagian dari anak masih mengalami kesulitan dalam pengungkapan bahasa arab dan sastra arab dengan uslub yang baik.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana metode pembelajaran Bayan, bagaimanakah problematika dalam pembelajaran Bayan dan cara mengatasi problematika tersebut, serta bagaimanakah bentuk evaluasi dalam pembelajaran Bayan di kelas IV A KMI PP AL IHSAN.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik purpose sampling dalam penentuan sampel yang akan dijadikan sumber data dengan metode observasi, interview dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih untuk analisis data adalah redusi data,display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah metode yang dipakai dalam pembelajaran Bayan di PP al Ihsan  adalah metode langsung atau Thoriqoh al Mubasyiroh. Problematika yang sering dialami baik guru maupun murid tidak lain dilatar belakangi oleh dua faktor yaitu faktor internal timbul dari dalam dirinya sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari luar, sedangkan evaluasi yang diguakan terdiri dari tiga jenis evaluasi yaitu evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi semesteran. Sedangkan menurut sifatnya evaluasi yang digunakan bersifat tulis dan lisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar