ABSTRAK
Zainur Rizqi, Jeffi. 2015. Pembelajaran
Bayan Di Kelas VII TSANAWIYAH PP Al Ihsan Kebonsari-Madiun Tahun Ajaran
2014-2015. Tugas. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Ponorogo, Dosen Pengampu : Evi Muafiah, M. Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran Bayan, Kelas VII TSANAWIYAH, PP Al IHSAN.
Al Balaghah yang dinamakan pula Qowaidul Uslub atau
Stylistic Ta’limi, merupakan satu cabang ilmu bahasa Arab yang mempelajari
qaidah-qaidah mengenai gaya bahasa atau uslub untuk dipergunakan dalam
pembicaraan atau tulisan. Balaghah meliputi tiga bidang ilmu yaitu Bayan,
Ma’ani dan Badie. Ilmu Bayan adalah ilmu yang mempelajari cara-cara
mengemukakan suatu gagasan dengan berbagai macam redaksi. Objek kajian ilmu bayan
adalah tasbyih, majaz, dan kinayah. Melalui ketiga bidang ini kita akan
mengetahui ungkapan-ungkapan bahasa Arab yang fasih, baik dan benar, serta
mengetahui ungkapan-ungkapan yang tidak fasih dan tidak cocok untuk diucapkan.
Ilmu ini dapat membantu kita juga untuk mengungkapkan suatu ide atau perasaan
melalui bentuk kalimat dan uslub yang bervariasi sesuai dengan muqtadha al-hal,
akan tetapi realitanya meskipun mayoritas anak dapat mengungkapkan kalimat
dengan uslub yang rumayan baik sebagian dari anak masih mengalami kesulitan
dalam pengungkapan bahasa arab dan sastra arab dengan uslub yang baik.
Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana metode pembelajaran Bayan, bagaimanakah
problematika dalam pembelajaran Bayan dan cara mengatasi problematika tersebut,
serta bagaimanakah bentuk evaluasi dalam pembelajaran Bayan di kelas IV A KMI
PP AL IHSAN.
Penelitian ini
menggunakan Pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik purpose sampling
dalam penentuan sampel yang akan dijadikan sumber data dengan metode observasi,
interview dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang
dipilih untuk analisis data adalah redusi data,display data dan pengambilan
kesimpulan atau verifikasi.
Kesimpulan yang
dapat ditarik dari penelitian ini adalah metode yang dipakai dalam pembelajaran
Bayan di PP al Ihsan adalah metode langsung atau Thoriqoh al
Mubasyiroh. Problematika yang sering dialami baik guru maupun murid tidak
lain dilatar belakangi oleh dua faktor yaitu faktor internal timbul dari dalam
dirinya sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari luar,
sedangkan evaluasi yang diguakan terdiri dari tiga jenis evaluasi yaitu
evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi semesteran. Sedangkan menurut
sifatnya evaluasi yang digunakan bersifat tulis dan lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar